Sabtu, 09 Agustus 2014

Memilih Gendongan yang Aman dan Nyaman bagi bayi

Memilih Gendongan yang Aman dan Nyaman bagi bayi


Memilih gendongan bayi atay baby carrier haruslah memperhatikan beberapa factor supaya nyaman untuk ibu dan si bayi sendiri. Memilih gendongan bayi haruslah yang bisa mengangkat bayi cukup tinggi dan rapat dengan tubuh Ibu. Gendongan yang menggantung terlalu jauh di bawah akan sangat tidak nyaman bagi sang Ibu. Selain itu, gendongan yang baik adalah gendongan dengan tali yang lebar yang dapat mendistribusikan berat si kecil lebih merata, agar bahu dan punggung Ibu tidak sakit saat menggendong bayi.

Ibu perlu tahu bahwa ternyata gendongan bayi dengan posisi tegak yang membuat kaki si kecil terbuka lebar termasuk yang baik untuk bayi. Walaupun posisi bayi yang ngengkang ini nampaknya mengkhawatirkan bagi Ibu, tapi sebenarnya para ahli meyakini bahwa ini adalah posisi yang baik untuk perkembangan tulang pinggul bayi.

Gendongan pun sebaiknya membuat bayi rapat dengan tubuh Ibu dan untuk bayi yang baru lahir, Ibu harus memastikan gendongan yang Ibu pilih betul-betul menopang bagian tulang belakang bayi dengan baik.

Ibu harus memilih gendongan sesuai dengan keperluan seperti saat menyusui atau bepergian diluar rumah, dll. Ibu juga tidak bisa memakaikan gendongan untuk bayi yang baru lahir dengan gendongan bayi dewasa pun dengan sebaliknya. Oleh karena itu, Ibu harus memperhatikan hal – hal sebelum membeli gendongan bayi diantaranya :

1. Bahan yang digunakan harus lembut, tidak membuat bayi alergi, tidak membuat kulit bayi teriritasi atau lecet, dan harus bisa meredam benturan/impact, Bentuk harness (tali pengait) harus sesuai dengan tubuh si kecil, Bagian-bagian tubuh bayi yang belum kuat atau rentan, seperti leher, kepala, dan pinggang, mampu ditopang oleh BC dengan sempurna, dll.

2. Webbing (tali penyangga) yang digunakan tidak membuat si penggendong nyeri, Kain yang digunakan harus mampu menyerap keringat sekaligus panas tubuh bayi, Memiliki sirkulasi yang baik, Memiliki penadah (lap atau saputangan) gumoh atau air liur bayi, Empuk sehingga bayi tak mudah pegal dan betah di dalam BC, dan yang paling penting adalah dapat dicuci.

3. Mudah dikenakan, Mudah memasukkan dan mengeluarkan bayi ke atau dari BC dalam hitungan detik, Mudah mengontrol keadaan bayi, dan tentu sangat baik jika BC tersebut juga memudahkan bayi menyusu ASI dari ibunya.

4. Pastikan BC yang kita beli benar-benar memerhatikan kualitas, BC harus mampu menopang berat badan bayi sesuai kapasitasnya dengan baik. Perlu diingat, sekuat dan seawet apa pun BC, pasti ada masa kedaluwarsanya. Sekalipun dia terlihat masih bagus dan layak pakai, tetapi karena faktor usia, maka BC tersebut sudah rapuh. Karena itu perhatikan dan tanya si penjual mengenai hal ini. Yang terakhir, Jahitannya harus benar. Paling baik dijahit di sisi luar dan dalam.


diambil dari: http://www.facebook.com/l.php?u=http%3A%2F%2Fwww.rajasusu.com%2Fmemilih-gendongan-yang-aman-dan-nyaman-bagi-bayi&h=7AQGpQgVT 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar